• Jalan Z.A. Pagar Alam, No.93 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia 35141
  • (0721) 787214 ext. 150

FGD IIB Darmajaya, Lulusan Harus Memiliki Knowlege, Soft Skills, dan Attitude

FGD IIB Darmajaya, Lulusan Harus Memiliki Knowlege, Soft Skills, dan Attitude

Bandar Lampung – Lulusan Perguruan Tinggi untuk mampu bersaing di dunia kerja maupun wirausaha harus memiliki knowlege, soft skills, dan attitude.

Hal itu disampiakan Ketua Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) chapter Lampung, Dr. Alex Tribuana Sutanto, ST., MM saat menjadi peserta stakeholder pada Forum Group Discusion (FGD) Evaluasi dan Revisi Kurikulum Menyongsong Society 5.0, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya di Aula Gedung Alfian Husin IIB Darmajaya, Rabu (30/1/19).

“Kunci sukses di dunia kerja maupun entrepreneur, lulusan perguruan tinggi harus memiliki knowlege yaitu ilmu pengetahuan yang diperoleh di kampus. Kemudian soft skills yakni kemampuan yang diasah secara terus menerus biasanya dibuktikan dengan sertifikat. Tak kalah penting attitude, yaitu sikap yang menunjukkan kepribadian yang sopan, tangguh, percaya diri, jujur, dan perilaku positif lainnya ” ujar Dr. Alex.

Hadirpula, Yayan Sopian, S.Sos., MM dari PT. Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) Lampung yang menambah, kompetensi yang harus dimiliki lulusan Sarjana Ekonomi saat ini diantaranya kompetensi sales, marketing, dan comunication.

Sedangkan menurut Nurdiono dari Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Lampung, dunia akuntansi saat ini semakin berkembang dan beragam. Peluang konsentrasi di bidang akuntansi yang saat ini dibutuhkan misalnya akuntansi publik, akuntansi tempat ibadah, akuntansi pesantren, dan akuntansi infak wakaf.

FGD IIB Darmajaya juga dihadiri pemangku kepentingan dari pemerintahan, industri, perbankan, perhotelan, instansi swasta, dan pengusaha.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Zulkarnain Lubis, MS., PhD mengucapkan terimakasih atas masukan dan saran dari para stakeholder pada Forum Group Discusion (FGD) tersebut.

“FGD ini bertujuan menyelaraskan antara kurikulum, konsentrasi baru, dan peluang prodi baru di IIB Darmajaya yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja menyongsong Society 5.0″ ujarnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya ini melanjutkan, IIB Darmajaya berupaya membekali mahasiswa berbasis IT, berjiwa entrepreneur, dan menginternasionalisasi.

“IIB Darmajaya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Selain itu juga berdaya saing global, sehingga memiliki kemampuan berstandar internasional,” tandasnya.(*)